AYO TEMUKAN MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

RACIKANALAMI30 - Mungkin untuk para pecinta herbal, menggunakan daun sirih obat bukanlah sebuah hal yang baru lagi, ya.. tanaman asli Indonesia ini merupakan tanaman yang bisa dengan mudah untuk dibudidayakan sebagai tanaman apotik hidup. Tanaman yang biasa tumbuh merambat ini, ternyata mempunyai khasiat dan manfaat yang cukup banyak sebagai obat herbal. Jenis dari tanaman sirih memang ada banyak, tetapi jenis tanaman sirih yang biasa digunakan oleh kita biasa jenis sirih hijau dan sirih merah.

obat-daun-sirih

Pengolahan khasiat sirih biasa atau daun sirih hijau biasa hanya direbus yang kemudian diminumkan saja, misalkan ketika seseorang sedang mengalami sakit asma, pengaplikasian dan penggunaan daun sirih sebagai obat sakit asma hanya menggunakan rebusan daun sirih hijau sebanyak 4 sampai dengan 5 helai daun sirih hijau yang dicampurkan dengan 2 gelas air, kemudian rebus sampai air rebusan daun sirih hijau ini menyisakan hanya 1 gelas saja, tuangkan kedalam gelas, tunggu sampai air hangat lalu minum, khasiat rebusan sirih ini sebagai obat asma, bisa dilakukan secara rutin tiap hari untuk diminum sebanyak 3 kali sehari.


DAUN SIRIH KANDUNGAN, KHASIAT DAN MANFAATNYA

Khasiat rebusan sirih yang lainnya yang bisa kita ketahui sebagai obat adalah daun sirih obat mata. Rebusan daun sirih hijau selain berguna sebagai obat asma alami ternyata rebusan daun sirih hijau pun bisa berfungsi sebagai obat sakit mata dan iritasi pada mata. Mata bisa terkena iritasi dikarenakan banyaknya polusi debu yang masuk kedalam mata, sehingga menyebabkan mata iritasi. Biasa gejala yang muncul akibat sakit iritasi mata ini adalah mata terasa sangat gatal, mata berwarna merah yang dikiuti dengan rasa perih dan sakit.

Untuk bisa menggunakan khasiat rebusan daun sirih sebagai obat iritasi mata, cara cukup mudah, ambil daun sirih hijau yang masih segar sebanyak 1 sampai 3 lembar, jangan lupa cuci bersih daun sirih hijau sebelum direbus, ambil air sebanyak 1 gelas air tambahkan daun sirih tadi, kemudian rebus hingga air tersisa menjadi setengah gelas saja, tunggu air sampai dingin, kemudian kompreskan air rebusan daun sirih hijau tadi ke mata anda yang terkena sakit iritasi. Cukup mudah bukan...?


khasiat-daun-sirih-untuk-kesehatan

Ketika kita sakit sariawan pun daun sirih bisa kita gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Hampir sama dengan cara mengobati mata yang terkena iritasi hanya saja yang membedakan dari cara menggunakan rebusan daun sirihnya, kalau kita terkena iritasi mata maka kita menggunakan air rebusan daun sirih tadi sebagai obat kompres mata, maka rebusan daun sirih sebagai obat sariawan daun rebusan sirih dilumatkan yang kemudian ditempelkan pada bagian bibir yang terkena sariawan.

Cara membuatnya untuk mengobati sariawan adalah kita ambil 1 sampai 3 lembar daun sirih hijau, cuci sampai bersih, kemudian rebus daun sirih tersebut sampai layu, daun sirih kemudian dilumatkan sampai keluar saripatinya, setelah itu tempelkan daun sirih pada bibir yang terkena sariawan, jika terasa kondisi bibir membaik dan nyeri akibat dari sariawan maka lakukan secara terus menerus sampai bibir benar-benar sembuh dari sariawan.

Sama halnya dengan khasiat dan manfaat dari daun sirih merah, Begitu banyaknya manfaat dan khasiat daun sirih sebagai obat herbal alami, maka daun sirih pun ternyata bisa mengobati keputihan pada kaum wanita, ya.. daun sirih mengobati keputihan...? cara agar bisa menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan pun cukup mudah, ambil daun sirih yang masih hijau segar sebanyak  8 sampai 1o helai, cuci daun sirih tadi sampai benar-benar bersih, kemudian rebus daun sirih dengan air sebanyak dua setengah liter, tunggu air rebusan daun sirih sampai benar-benar mendidih, diamkan air rebusana daun sirih tadi tunggu sampai suhunya menjadi hangat, kemudian terakhir guanakan air rebusan daun sirih tadi untuk membersihkan daerah kewanitaan (organ intim wanita) secara berkala.


MENILISIK KANDUNGAN PADA DAUN SIRIH

Mengetahui khasiat dan manfaat daun sirih yang begitu banyak, tentu kita pasti akan berfikir bahwa kandungan zat-zat yang terdapat pada daun sirih tentu tidaklah sembarangan atau minimalnya zat-zat yang ada memang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan sekaligus mampu mengobati berbagai macam penyakit yang ada.

manfaat-dan-khasiat-daun-sirih-untuk-kesehatan

Kandungan minyak atsiri pada daun sirih seperti batiephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol memang merupakan zat yang mempunyai kemampuan untuk mematikan kuman, fungisida, anti jamur dan antioksidasi. Tentunya zat-zat inilah yang mampu memberikan efek sebagai obat dan penangkal terhadap penyebab berbagai penyakit yang ada.

Tetapi satu hal yang harus diingat dari itu semua tentu adalah kehati-hatian dalam menggunakan salah satu tanaman apotik hidup ini. Memang sudah banyak terbukti dari manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan, akan tetapi ada baiknya kita mencari tahu informasi mengenai daun sirih ini secara detil, maka agar lebih aman kita bisa menanyakannya kepada para ahlinya, seperti dokter atau ahli herbal, so bijaklah dalam memanfaatkannya.

Tidak ada komentar