MESKI RASANYA ASAM KECUT, BELIMBING WULUH PUNYA BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN

RACIKANALAMI30 – Belimbing sayur, mempunyai nama yang berbeda-beda untuk disetiap daerah di Indonesia, seperti belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi atau pun belimbing asam, namun itu semua biasanya bisa disebut dengan belimbing sayur. Belimbing wuluh adalah tanaman yang masuk kedalam salah satu jenis tanaman yang wajib ada, didalam taman obat keluarga (toga). Selain bisa berfungsi sebagai rempah pelengkap bumbu dapur untuk berbagai macam resep masakan, belimbing waluh pun mempunai khasiat dan manfaat  untuk kesehatan tubuh kita, yaa... belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh kita, oleh karenanya belimbing wuluh menjadi tanaman yang wajib ada didalam daftar tanam obat keluarga.

manfaat-belimbing-wuluh

Belimbing wuluh, sekalipun memiliki rasa yang asam dan kecut, namun segar ini, ternyata bisa sebagai macam obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit maupun sebagai ramuan alami tradisional untuk kecantikan. Belimbing wuluh sebagai obat tradisional Indonesia yang sudah sejak dulu ada misalkan belimbing wuluh untuk darah tinggi, belimbing wuluh untuk batuk, belimbing wuluh untuk kolesterol dan lain sebagainya.

Sementara untuk kecantikan, belimbing wuluh bisa sebagai belimbing wuluh memutihkan wajah, belimbing wuluh menghilangkan jerawat, belimbing wuluh untuk kulit dan belimbing wuluh untuk diet. Inilah khasiat belimbing wuluh yang sangat berguna sebagai obat tradisional untuk obat berbagai macam jenis penyakit.

MANFAAT DAN KHASIAT BELIMBING WULUH UNTUK KESEHATAN

Belimbing wuluh adalah tanaman obat yang pemanfaatannya dengan mengamil buahnya, buah inilah yang banyak digunakan untuk dijadikan berbagai macam obat yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kecantikan maupun untuk kesehatan tubuh kita. Namun, sudah tahukah kandungan alami dari belimbing wuluh itu sebenarnya...? kita memang sangat perlu mengetahui kandungan belimbing wuluh, agar kita semakin yakin akan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Lantas apa saja kandungan alami belimbing itu sendiri...? seperti misalkan, karbohidrat, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi, namun kandungan vitamin C itulah yang paling banyak yang terdapat didalam belimbing wuluh tersebut. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat berguna sekali sebagai sebagai zat alami yang bisa menyembuhkan penyakit sariawan.


kegunaan-belimbing-wuluh

Selain vitamin C, kalsium dan fosfor, belimbing wuluh juga mempunyai zat alami lainnya yang terdapat didalam struktur batang belimbing wuluh antara lain, seperti tannin, asam format, perosidase, calcium oksalat, serta sapinon. Zat-zat alamiah lainnya yang bisa kita temukan didalam tanaman obat alami selain batang dan buah juga terdapat pada daun belimbing wuluh itu sendiri.

Zat alami yang terdapat didalam daun tanaman obat belimbing wuluh ini antara lain, asam format, tannin, sulfur, serta kalsium sitrat, nah bukan saja buah beimbing wulung yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional saja, namun daun dari tanaman buah belimbing wuluh pun bisa juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.

Setelah kita sudah mengetahui kandungan alamiah yang terdapat didalam tamanan obat belimbing wuluh, maka kita sekarang bisa mengetahui dan mengenal apa saja manfaat dan khasiat dari belimbing wuluh untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1. Belimbing wuluh dapat membantu meredakan batuk
Batuk adalah salah satu penyakit yang umum, yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Penyakit sakit batuk bisa dengan mudah menular, dari satu orang ke orang lain, nah belimbing wuluh ternyata sangatlah efektif untuk bisa meredakan dan menyembuhkan batuk. Cara untuk bisa membuat obat alami tradisional ramuan alami obat batuk yang terbuat dari belimbing wuluh itu sangatlah mudah, caranya adalah kita campurkan beberapa adas dan tiga buah belimbing wuluh yang berukuran sedang, dengan dicampurkan sedikit gula atau pun madu dan air.

belimbing-wuluh-untuk-kesehatan

Setelah ketiga bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah dengan merebus ketiga bahan tadi kira-kira 10 menit sampai 30 menit sehingga menyisakan sedikit air, tunggu hingga adem, lalu saring, rebusan air belimbing wuluh bisa dicampurkan dengan madu. Ramuan alami ini bisa diminum sehari dua kali, pada waktu pagi dan sore, catatan yang perlu diingat adalah dilarang meminum ramuan alami ini pada saat perut kosong, karena bisa berakibat menaiknya kadar asam lambung penyebab
sakit magh.

2. Belimbing wuluh obat jerawat
Memiliki kulit wajah yang cerah, mulus dan terlihat segar adalah dambaan dan idaman setiap wanita. Wajah yang putih dan mulus, tentu sangatlah membantu penampilan setiap wanita agar selalu percaya diri, namun akan menjadi kebalikannya jika ada jerawat yang menempel diatas permukaan kulit wajah, maka sudah dipastikan para perempuan akan mencari jalan dan cara untuk bisa mengobati wajahnya yang terkena jerawat.

Untuk bisa menyembuhkan jerawat pada wajah, maka kita bisa menggunakan obat tradisional Indonesia yang terbuat dari ramuan alami belimbing wuluh. Kandungan asam yang terdapat didalam belimbing wuluh ini bisa mengempeskan jerawat pada permukaan kulit wajah. Cara mudah menjadikan belimbing wuluh sebagai obat jerawat wajah sangatlah mudah, ambil beberapa buah belimbing wuluh, lalu hancurkan belimbing wulung sampai halus dan oleskan belimbing wuluh pada kulit yang terkena jerawat. Maka belimbing wuluh yang dihancurkan tadi bisa dijadikan masker wajah.

3. Belimbing wuluh obat sakit gigi
Sama seperti sakit batuk, maka setiap orang pun pasti pernah mengalami sakit gigi memang ada banyak jenis obat kimia penyembuh sakit gigi, namun ada baiknya sebelum menggunakan obat kimia pereda sakit gigi, kita bisa menggunakan obat tradisional pereda sakit gigi seperti menggunakan buah belimbing wuluh sebagai obat tradisional obat sakit gigi. Untuk bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai obat pereda sakit gigi, cara membuat dan menggunakannya sangatlah mudah, yaitu ambil beberapa buah belimbing wuluh, lalu iris belimbing buah menjadi beberapa bagian, lalu oleskan irisan belimbing wuluh pada gigi yang dirasa sakit. Nah, begitu mudah bukan menggunakan belimbing wuluh obat sakit gigi ini kan....?

Tidak ada komentar