TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA), “TAMAN DENGAN SERIBU MANFAAT”

RACIKANALAMI30 Pernahkah kita mendengar istilah taman obat keluarga atau yang biasa kita sebut dengan istilah TOGA, adalah taman yang memang khusus dibuat untuk ditanami dengan tanaman-tanaman herbal seperti jahe, kunyit, lengkuas, jeruk nipis, lemon, mengkudu, dan masih banyak tanaman herbal lainnya, dimana tanaman obat untuk keluarga ini nantinya bisa kita olah menjadi obat herbal tradisional atau pun ramuan alami yang bisa kita gunakan sebagai obat herbal ketika keluarga kita terserang sakit.
tanaman-obat-keluarga-toga

Fungsi tanaman obat keluarga itu sendiri adalah sebagai obat pertolongan pertama sebelum kita menggunakan obat kimia yang kita dapat dari dokter, namun biasanya obat-obat herbal juga sudah bisa menangani beberapa kasus penyakit ringan, seperti flu, batuk atau penyakit-penyakit ringan lainnya.

Tanaman obat untuk keluarga memang sudah sejak lama digalakkan dan dikampanyekan oleh pemerintah, dengan tujuan agar keluarga dan masyarakat bisa tetap sehat dan tidak jarang sakit. Selain itu dengan adanya taman obat keluarga kita bisa mengolah obat herbal tradisional alami sendiri, dan sudah barang tentu mengenalkan jenis obat tradisional Indonesia warisan nenek moyang kita kepada anak kita.


MANFAAT TANAMAN OBAT KELUARGA BAGI KESEHATAN

Tanaman obat keluarga toga ini biasa dibikin diatas lahan pertamanan perumahan atau pun lahan taman komplek, atau pun perkampungan. Dilihat dari jenis tanaman obat keluarga yang ditanam di taman obat keluarga maka kita pun sudah bisa menerka apa manfaat tanaman obat keluarga bagi kesehatan keluarga kita.

tanaman-obat-keluarga-dan-manfaatnya

Pemanfaatan taman obat keluarga toga ini pun sudah banyak diaplikasikan oleh banyak keluarga ketika memang ada halaman rumah yang cukup, sehingga mereka berinisiatif untuk membuat taman obat keluarga toga yang mempunyai banyak ‘seribu manfaat’ untuk kesehatan keluarga mereka sendiri minimalnya. Tanaman-tanaman obat ini pun selain bisa dijadikan obat herbal tradisional tanaman obat ini pun bisa dijadikan pelengkap bumbu dapur untuk berbagai keperluan resep masakan keluarga setiap hari. Lantas apa manfaat tanaman obat keluarga bagi kesehatan keluarga kita yang bisa kita ambil dari keberadaan taman obat keluarga toga itu sendiri: 

1. Taman obat keluarga toga bermanfaat sebagai pelengkap obat-obatan ramuan alami keluraga yang bersifat obat tradisional  Indonesia warisan nenek moyang kita.

2.  Selain bermanfaat sebagai obat tradisional keluarga, taman obat keluarga toga ini pun bisa bernilai estetika, ketika kita membuat taman obat keluarga ini dipekarangan rumah dengan baik dan tertata rapih.

3. Taman obat keluarga yang kita buat di pekarang rumah kita ini juga sangat bermanfaat sebagai taman hijau disekitar rumah yang bisa menyejukkan udara (sanitasi) agar udara dilingkungan kita menjadi bersih dan segar.

4. Manfaat lain dari taman obat keluarga yang kita buat di pekarangan rumah kita pun bisa memangkas pengeluaran keperluan dapur keluarga kita menjadi lebih hemat, bukan apa-apa selain bermanfaat sebagai bahan pembuatan obat tradisional ramuan alami, beberapa jenis tamanan obat keluarga ini juga dikenal dengan rempah-rempah pelengkap berbagai macam olahan masakan asli indonesia.

fungsi-tanaman-obat-keluarga

Maka keberadaan taman tanaman obat keluarga itu sangatlah penting untuk bisa kita adakan dibuat dihalaman pekarangan rumah kita. Sudah barang tentu keberadaan dari taman obat keluarga yang ada dihalaman pekarangan rumah kita akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh kita disetap hari-hari aktifitas kita yang padat.

Tidak ada komentar