BANYAK MANFAAT & KHASIATNYA, INILAH TANAMAN OBAT ALAMI INDONESIA

RACIKANALAMI30 – Indonesia adalah negara tropis yang sangat kaya akan keragamanan hayatinya, segala macam tumbuh-tumbuhan hidup subur ditanah Indonesia ini, termasuk salah satunya adalah keragaman tanaman obat alami asli Indonesia. Berbagai macam jenis tanaman obat yang ada di Indonesia ini tentu sudah dimanfaatkan khasiatnya oleh nenek moyang kita sebagai bahan alami untuk membuat berbagai macam obat tradisional yang berguna sebagai obat penyembuh berbagai macam jenis penyakit. Dengan didasari begitu banyaknya jenis tanaman obat Indonesia maka pemerintah kemudian menggalakkan gerakan taman obat keluarga agar masyarakat mengenal berbagai macam jenis tanaman obat tradisional yang bisa ditanam di pekarangan rumah yang kemuadia menjadi taman sehingga nantinya mereka bisa memanfaatkan secara langsung tanaman-tanaman obat tersebut untuk diramu menjadi obat herbal untuk menyembuhkan anggota keluarganya yang sedang sakit, istilah ini juga sering disebut dengan taman obat keluarga toga. 

jenis-tanaman-obat-keluarga

Tanaman-tanaman obat yang hidup di Indonesia ini memang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang berbahan hebal. Seperti misalkan, jika kita badan kita sering terserang flu yang disertai dengan batuk, maka kita bisa menggunakan tanaman obat seperti jahe kuning, jahe merah, dan jeruk nipis. Jenis tanaman obat keluarga ini jelas bisa ditanam di taman obat keluarga (toga), selain sangat mudah membudidayakannya, tanaman obat untuk kelurga seperti jahe dan jeruk nipis ini acap kali sering digunakan sebagai rempah dapur pelengkap berbagai resep masakan asli Indonesia yang sering dicari oleh para ibu rumah tangga untuk memasak.

MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN OBAT UNTUK KELUARGA

Menanam tanaman obat untuk keluarga ini tentu sangatlah berguna sekali untuk keluarga kita. Taman obat keluarga atau yang biasa disebut juga dengan toga ini pun juga dikenal dengan istilah apotik hidup. Taman obat keluarga ini tentu bukan berisikan berbagai jenis tanaman hias namun berisi jenis tanaman obat keluarga yang berguna sebagai tanaman yang bisa dibuat untuk keperluan berbagai macam jenis pembuatan obat-obatan tradisional herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Memang ada banyak sekali jenis tanaman obat untuk keluarga yang mungkin bisa membutuhkan lahan yang cukup luas jika kita mau menanam semua jenis tanaman obat untuk keluarga ini, ya saking banyaknya jenis tanaman herbal yang ada di Indonesia ini.

Setiap tanaman obat yang nanti akan kita tanaman tentu mempunyai manfaat dan khasiatnya masing-masing, tidak semua sama dong tentunya, sekalipun mungkin akan ada beberapa tanaman obat untuk keluarga ini yang bisa digunakan untuk digunakan sebagai obat penyembuh penyakit yang sama. Dan inilah beberapa jenis tanaman obat untuk keluarga yang bisa kita tanam di pekarangan rumah yang nanti bisa kita buat sebagai taman obat keluarga toga, nah ini diantaranya:

1. Tanaman obat batuk
Batuk adalah salah satu jenis penyakit ringan, namun memang perlu diwaspadai jika batuk tidak sembuh-sembuh dalam beberapa hari bahkan dalam beberapa minggu. Nah, biasanya jika batuk diakibatkan oleh flu dan mungkin batuk yang masuk kedalam salah satu jenis batuk ringan maka, ada baiknya sebagai pertolongan pertama, kita bisa menggunakan tanaman obat jahe sebagai obat herbal yang berfungsi sebagai penyembuh sakit batuk yang kita derita.

Bahkan ada beberapa jenis tanaman obat yang bisa kita gunakan sebagai bagian dari obat penyembuh sakit batuk, misalkan jeruk nipis, kunyit, kencur. Nah, jenis-jenis obat herbal tradisional ini tentu juga dihasilakan dari jenis tanaman obat keluarga. Jeruk nipis, kunyit, kencur dan jahe bisa kita budidayakan sendiri, tanaman obat keluarga ini bisa kita tanam sendiri dipekarang rumah sehingga ketika kita sakit batuk kita bisa langsung mengambilnya tanpa perlu repot-repot mencari bahannya dipasar atau disuper market.

tanaman-obat-tradisional

2. Tanaman obat kolestrol
Temulawak memang sudah dikenal sejak dahulu akan manfaat dan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, salah satu penyakit yang bisa diobati oleh temulawak salah satunya adalah kolestrol. Kadar kolestrol yang tinggi akan menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit lainnya seperti misalkan stroke dan jantung koroner.

Dibandingkan dengan pemakaian obat kimia sebagai penyembuh kolestrol, pemakaian obat herbal penurun kolestrol sangat sedikit efek sampingnya, pemakaian temulawak justru bisa menjadi pelindung bagi hati sang pengguna temulawak itu sendiri. Berbeda dengan penggunaan terapi statin yang justru bisa merusak hati jika digunakan dalam jangka panjang.

Tanaman obat  kolestrol ini pun bisa masuk kedalam daftar tanaman yang wajib ditanam pada taman obat keluarga toga di pekarangan halaman rumah kita, mengingat begitu banyaknya manfaat dan khasiat dari tanaman obat nusatara asli Indonesia ini. Selain bisa digunakan sebagai bahan ramuan alami obat herbal tradisional, tanaman temulawak yang diambil rimpangnya ini juga biasa digunakan
sebagai rempah pelengkap resep berbagai masakan khas Indonesia.

3. Tanaman obat flu
Sakit influenza atau yang biasa dengan sakit flu ini memang belum ditemukan obatnya. Virus influenza ini biasanya menyerang sistem pernafasan (hidung, tenggorokan dan paru-paru) ini. Gejala ini biasa akan menurunkan selera makan minum, badan terasa sakit dan pegal-pegal dan kepala akan sangat terasa sakit hingga sakit tenggorokan kita. Biasa sakit flu ini cukup dengan istirahat dengan cukup serta makan yang teratur dan mengkonsumsi buah-buahan, namun untuk mencegah suhu badan yang panas, maka biasanya penderita sakit flu ini mengkonsumsi paracetamol atau pun ibuprofen.

Akan tetapi selain mengkonsumsi obat-obatan kimia ini, kita bisa mengkonsumsi wedang sereh. Wedang ini terdiri dari bahan utamanya adalah tanaman sereh yang biasanya dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah lain dari tanaman obat berkhasiat seperti cengkeh, jahe dan jeruk nipis yang tentunya bisa dicampurkan dengan madu agar bisa semakin berkhasiat untuk menyembuhkan sakit flu yang kita derita. Maka, sangat dianjurkan untuk bisa menanam tanaman obat flu seperti tanaman sereh, tanaman jeruk nipis.

4. Tanaman obat untuk asam urat
Daun sambiloto memang menjadi salah satu tanaman obat berkhasiat yang bisa dengan ampuh mampu menyembuhkan sakit asam urat. Cara menanam tanaman obat sambiloto ini memang sangatlah mudah, kita bisa mengambil biji tanaman sambiloto untuk bisa disemai diatas lahan taman obat keluarga kita.
tanaman-obat-keluarga

Untuk bisa membuat obat tradisional yang berfungsi sebagai obat alami penyembuh asam urat dari tanaman obat kolestrol dari tanaman obat sambiloto ini cukuplah sangat mudah kok, caranya ambil sekitar 10 lembar daun sambiloto yang sudah cukup kering (tidak terlalu kering), kemudian cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 4 gelas tunggu sampai air kira-kira menjadi sekitar 2 gelas, tunggu sampai dingin atau hangat, lalu minum. Rebusan air daun sambiloto ini bisa diminum 2 kali dalam seminggu saja sampai kadar kolestrol menurun. 

MANFAAT LAIN DARI TAMAN OBAT YANG DITANAM DI TAMAN OBAT KELUARGA

Tanaman obat herbal yang beragam jenisnya, tentu sangatlah mempunyai banyak manfaat dan khasiatnya untuk keluarga kita untuk mengobati berbagai macam penyakit yang tentunya jika anggota keluarga kita sedang terkena sakit. Namun disisi lain, manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita mempunyai taman obat keluarga toga untuk keluarga kita dan lingkungan sekitar adalah antara lain
misalkan dari segi estitika. Dari segi ini kita bisa merasakan keindahan rumah kita menjadi lebih indah, bagus dan asri. Dari segi lainnya, taman obat keluarga toga ini pun bisa menghasilkan udara segar yang dihasilkan dari tanaman obat alami disetiap pagi harinya, bukan hanya sebagai penghasil udara segar saja, tanaman obat nusantara ini pun bisa menahan debu dari udara sekitar yang bisa membawa radikal bebas yang bisa membuat kita sakit.

So, sangat bermanfaat sekali bukan keberadaan dari taman obat keluarga toga yang terdiri dari berbagai tanaman obat alami asli nusantara ini, selain bisa menyegarkan udara sekitarnya, juga sangat berkhasiat dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anggota keluarga kita dan juga sangat bermanfaat sebagai bahan alami pembuat obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit jika keluarga kita sedang sakit.  

Tidak ada komentar