MENGENAL LEBIH DEKAT KHASIAT CENGKEH BAGI KESEHATAN TUBUH

RACIKANALAMI30 - Cengkeh sebagai salah satu komiditi rempah-rempah sudah dikenal sejak dahulu kala, sungguh sangat tidak mengherankan jika para pedagang zaman dahulu banyak memburu cengkeh untuk diperdagangkan dibelahan benua lainya, tentu saja ini dikarenakan cengkeh dikenal karena manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman yang merupakan asli dari Indonesia ini yang berasal dari Provinsi Maluku, Pulau Sulawesi ini, selain dijadikan sebagai bahan ramuan obat herbal tradisional pun ternyata bisa dimanfaatkan sebagai rempah-rempah pendukung olahan makanan, pun tidak sebatas itu saja, cengkeh pun dikenal sebagai campuran dari rokok kretek yang sangat populer di Indonesia, dan dikenal dengan cengkeh rokok.

khasiat-cengkeh

Negeri Oma di Pulau Haruku, Provinsi Maluku, merupakan penghasil cengkeh terbaik di Indonesia. Cengkeh yang terdapat pada Pulau Oma, Maluku ini dikenal dengan buahnya yang besar dengan kandungan eugenol yang terbaik, 2 faktor inilah yang menjadikan cengkeh dari Pulau Oma masuk kedalam golongan cengkeh kelas atas.

Cengkeh, selain dikenal sebagai salah satu rempah-rempah dalam pengolahan pembuatan rokok kretek, cengkeh dikenal khasiatnya sebagai salah satu rempah pembuatan obat-obatan herbal. Cengkeh yang masuk kedalam daftar tanaman apotik hidup ini pun dipercaya bisa mengatasi berbagai macam persoalan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Cengkeh yang biasa disebut dalam bahasa latinnya adalah Syzygium aromaticum ini pun dimanfaatkan sebagai salah satu sumber obat
herbal penyembuh penyakit salah satunya cengkeh sebagai obat sakit gigi. Selain cengkeh yang berfungsi sebagai obat herbal, dibebarapa daerah di Indonesia, cengkeh pun diolah sebagai tambah rempah-rempah untuk dijadikan olahan minuman kesehatan, rasanya yang hangat bisa memberikan efek kepada kebugaran tubuh kita.

KHASIAT CENGKEH UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

Agar cengkeh bisa terlihat khasiatnya tentu dalam pengolahannya tidaklah sembarangan. Misalkan jika kita ingin memanfaatkan cengkeh sebagai obat kolera dan menambah denyut jantung, maka cengkeh cukup dikunyah yang kemudian diserap airnya secara langsung, ini harus dilakukan setiap hari. Maksudnya adalah penyerapan air dari sari cengkeh secara langsung yang dikunyah tersebut, akan menghasilkan minyak cengkeh sehingga ini berkhasiat utuk memperkuat lendir usus dan lambung serta dapat menambah jumlah kadar darah putih dalam tubuh. 

khasiat-cengkeh-bagi-kesehatan

Pemanfaatan khasiat cengkeh untuk kesehatan tubuh ketika tubuh terserang sakit campak pun bisa disembuhkan dengan cengkeh. Penggunaan cengkeh sebagai obat campak ini adalah cengkeh yang dicampur dengan gula batu. Sediakan 10 biji cengkeh dan gula batunya (secukupnya), pembuatannya cukup sederhana kok, cengkeh yang direndam air masak semalaman, setelah selesai direndam dalam waktu 24 jam, maka air yang sudah direndam dengan 10 biji cengkeh tadi dicampurkan dengan gula batu kemudian diaduk sampai merata, dan diminumkan sedikit demi sedikit.

Nah, ini yang mungkin paling ditunggu untuk para kaum wanita yang ingin menghitamkan alis mata agar terlihat lebih cantik, menghitamkan alis mata pun ternyata bisa memanfaatkan cengkeh sebagai salah satu cara herbal agar wajah kita terlihat lebih menarik, salah satunya dengan menghitamkan (melebatkan rambut alis mata), hehehe.... Ambilah cengkeh kering sebanyak 5 sampai 7 biji dan minyak kemiri. Cara membuatnya pun cukup simple, cengkeh dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan jangan lupa tambahkan minyak kemiri tadi secukupnya aduk sampai merata, lalu oleskan pada bagian alis mata anda. Untuk menggunakan cengkeh sebagai penghitam alis mata ini, cukup oleskan satu kali saja diwaktu sore hari.

Khasiat cengkeh yang lainnya, misalkan khasiat cengkeh untuk obat jerawat. Cengkeh yang bersifat analgesik, anti peradang, antibakteri, antiseptik sampai kepada pereda rasa nyeri. Maka cengkeh pun bisa dijadikan obat penyembuh jerawat alami.  Pemanfaatan khasiat cengkeh untuk kesehatan tubuh khususnya wajah agar terbebas dari jerawat maka cengkeh diolah menjadi minyak cengkeh terlebih dahulu.  Pengaplikasian minyak cengkeh sebagai obat jerawat alami ini dimana minyak cengkeh dioleskan pada bagian wajah yang tumbuh jerawatnya saja. Bukan hanya jerawat, minyak cengkeh pun mampu menyembuhkan komedo hitam, putih, flek hitam dan tentu saja jerawat batu.

Tetapi ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan sebelum kita menggunakan minyak cengkeh ini, misalkan ketika minyak cengkeh akan digunakan pada bagian kulit. Penggunaan minyak cengkeh yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit ini bisa terjadi jika kulit kita memang sangat sensitif, oleh karena itu kita dianjurkan menggunakan minyak cengkeh pada bagian kulit yang memang bermasalah saja.


Kemudian yang harus diperhatikan lagi dalam hal penggunaan minyak cengkeh adalah minyak cengkeh yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit kita. Maka disarankan sebeleum menggunakan minyak cengkeh sebagai obat penyembuh dan pengobat jerawat ada baiknya kita menguji terlebih dahulu, misalkan oleskan minyak cengkeh pada bagian kulit tangan kita, kita lihat bebrapa saat, apakah kulit tangan kita menimbulkan reaksi alergi, kalau toh iya, sebaiknya jangan
digunakan pada kulit permukaan wajah kita.


PEMANFAATAN KHASIAT CENGKEH UNTUK OBAT

Nah setelah kita tadi mengetahui, beberapa khasiat cengkeh untuk kesehatan, maka pada uraian ini kita akan mengenal khasiat cengkeh untuk obat, walaupun sama pada intinya dengan uraian diatas tadi sih sob. Khasiat cengkeh untuk obat ini misalkan, cengkeh sebagai obat sakit gigi, mencegah peradangan, sakit flu atau pilek, mengatasi mual dan muntah, meningkatkan sistem pencernaan, serta menjaga tubuh agar tetap hangat dan mampu meredakan dan meringankan infeksi saluran pernafasan.

Nah ternyata cukup banyak kan khasiat tanaman cengkeh untuk kesehatan tubuh kita..?    akan tetapi satu hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakannya, kita wajib mencari tahu apa manfaat dan khasiatnya dan apa efek sampingnya untuk tubuh kita, so jangan asal pakai saja tetapi bijaklah dalam memanfaatkannya sehingga tidak menimbulkan masalah tambahan dikemudian hari.

Tidak ada komentar