KOMBINASI KHASIAT WEDANG JAHE SEREH UNTUK STAMINA TUBUH

RACIKANALAMI30 - Sejak dahulu kala kita mengenal berbagai jenis macam minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai macam racikan tanaman herbal. Racikan minuman kesehatan ini salah satunya adalah wedang jahe sereh, minuman kesehatan kombinasi khasiat wedang jahe sereh ini begitu digemari dan disukai oleh masyarakat karena khasiatnya yang bisa membuat badan menjadi hangat dan menyegarkan tubuh kita.

khasiat-minuman-sereh

Minuman berbahan dari racikan tanaman herbal ini menggunakan 2 bahan tanaman herbal yaitu jahe dan sereh. Kita tahu, bahwa kedua jenis tanaman ini sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu bahan-bahan ini juga mudah ditemukan dipasaran, pun banyak dari pula masyarakat yang membudidayakannya sebagai salah satu koleksi dari tanaman apotik hidup, sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan dua bahan tersebut (jahe dan sereh) mereka tidak perlu repot-repot untuk mencarinya.

Minuman herbal wedang jahe sereh ini akan sangat laris manis jika dikonsumsi pada saat musim penghujan, ya walaupun tidak musim penghujan, minuman ini tetap akan banyak dikonsumsi karna memang khasiat wedang jahe sereh ini sebagai minuman kesehatan penyegar tubuh ketika tubuh sedang mengalami letih lesu ataupun ketika tubuh sedang mengalami kurang enak badan (meriang dan flu), sakit kepala dan berbagai nyeri pada sendir dan otot kita.


MENGENAL KHASIAT TANAMAN SEREH DAN JAHE UNTUK KESEHATAN

Tanaman sereh selain digunakan sebagai bahan rempah pelengkap masakan, juga sebagai bisa digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam minuman kesehatan, salah satunya ya itu tadi, minuman wedang jahe sereh. Tanaman sereh sangat populer karena khasiat tanaman sereh untuk kesehatan, maka tak mengherankan banyak orang menanam tanaman sereh dihalaman pekarangan rumahnya maupun untuk ditanaman didalam pot atau pun polybag.

khasiat-rebusan-jahe-dan-sereh

Dan, inilah beberapa khasiat tanaman sereh untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:

- Aroma khas wewangian yang dihasilkan dari tanaman sereh, banyak digunakan sebagai aroma terapi yang berfungsi sebagai aroma terapi tubuh agar tubuh terasa lebih santai dan rileks, terlebih lagi akan terasa khasiatnya jika tubuh habis melakukan berbagai kegiatan yang bergitu banyak menguras tenaga.

- Jika tanaman sereh ini diolah menjadi minuman maka kandungan zat yang terdapat dalam batang tanaman sereh ini akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam infeksi pada usus, lambung dan saluran kemih. Ini dikarenakan adanya kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri dalam tanaman sereh itu sendiri.

- khasiat dari tanaman sereh yang laiinya adalah adanya senyawa analgesik yang ada pada tanaman sereh yang tentu saja berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri dibagian otot, kepala dan persendian tubuh kita. 

Sama dengan sereh, jahe adalah jenis tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan herbal, pada masa sekarang jahe pun banyak digunakan sebagai bahan olahan pembuatan berbagai macam-macam obat-obatan, selain digunakan sebagai obat herbal, jahe pun banyak dikombinasikan untuk dijadikan berbagai macam olahan minuman kesehatan. Nah, inilah berbagai manfaat jahe yang dijadikan olahan minuman kesehatan, manfaat itu antara lain adalah:

- Jahe Dapat Mencegah Pusing
Buat para penderita sakit vertigo (pusing kepala sebelah), jahe merupakan obat alami yang mampu meredakan vertifgo, hal ini disebabkan kurangnya pasokan okesigen dalam darah menuju otak tidaklah lancar maka jahe dipercaya mampu memperlancar asupan darah ke otak kita hal inilah yang membuat jahe mampu meredakan vertigo yang dialami oleh para penderitanya.

manfaat-wedang-jahe-sereh

- Jahe Mampu Menredakan Rasa Mual
Kerap kali kita mengalami sebah atau mual yang sangat tidak mengenakan, ini dikarenakan peningkatan asam lambung yang berlebihan. Dan jahe mampu meredakan rasa mual pada lambung kita.

Wedang jahe sereh ini sangat populer diwilayah Jawa Tengah, minuman peninggalan resep tradisional nenek moyang ini kini menjadi primadona hampir diseluruh wilayah Indonesia. Mengolah wedang jahe sereh ini pun tidaklah terlalu sulit. Cara  untuk membuat wedang jahe sereh ini pun sangatlah mudah, caranya adalah sebagai berikut:

"Sediakan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 50 gram jahe segar, 3 batang sereh, 500 mililiter air, dan gula jawa secukupnya. Bahan-bahan seperti jahe dan batang sereh dicuci bersih, kemudian tumbuk, setelah ditumbuk, rebusalah jahe dan sereh secara bersamaan kedalam air yang tentunya sudah dipersiapkan didalam panci dan tunggu  air sampai benar-benar mendidih. Setelah air mendidih, masukkan gula jawa secukupnya, sengaja tidak memakai takaran karna lebih baik sesuai selera anda saja. Angakat lalu sajikan, dan rasakan khasiat wedang jahe sereh ini oleh tubuh anda. Anda tentu saja akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh anda". Mudah bukan dalam membuat khasiat wedang jahe sereh ini...?? Baiknya diminum pada sore dan malam hari agar tubuh anda menjadi rileks dan nyaman.

Tidak ada komentar