MEMANFAATKAN LENGKUAS MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH ANDA

RACIKANALAMI30 - Salah satu daftar bumbu rempah-rempah dapur yang wajib ada dan sudah pasti tersedia didalam daftar bumbu dapur anda adalah lengkuas. lengkuas bumbu dapur ini selain berfungsi sebagai pelengkap bumbu masakan agar terasa lebih nikmat, ternyata lengkuas bumbu dapur ini merupakan salah satu rempah-rempah yang masuk kedalam daftar obat tradsional ini tentu sudah dikenal sejak dahulu kala, jauh sebelum adanya obat-obatan kimia yang ada seperti sekarang ini, ya lengkuas sebagaiq obat,tentu saja obat-obatan tradisional herbal, misalkan lengkuas merah untuk kulit.

manfaat-lengkuas-merah-untuk-kulit

Lengkuas atau laos yang dalam bahasa latinnya disebut juga dengan Alpinia galanga, merupakan jenis umbi-umbian yang bisa ditanam baik didataran tinggi maupun didaerah berdataran rendah sekalipun. Selama ini kita mengenal hanya dua jenis rimpang lengkuas atau laos, yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah. Nah, lengkuas merah inilah yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam olahan obat-obatan tradisional yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, sementara lengkuas putih banyak digunakan sebagai bahan bumbu rempah untuk olahan makanan.

Pada rimpangnya, kita bisa menemukan zat saponin, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Sedangkan pada batangnya terdapat zat saponin, flavonoid, dan tanin. Oleh karena itu, lengkuas merah pun bisa berfungsi untuk mematikan jamur, anti kejang, merangsang semangat, mencegah ejakulasi dini, analgetik, anestetik, dan untuk menekan pengendali gerak.

Walaupun lengkuas mempunyai banyak manfaat untuk kesehetan tubuh dan untuk mendukung kesehatan kulit, penggunaan lengkuas yang berlebihan jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh kita, misalkan efek samping pada sereksi asam lambung dimana kondisi ini akan semakin parah jika kita mempunyai riwayat sakit magh akut. Maka untuk penderita magh sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi lengkuas merah secara berlebihan.


INILAH BERBAGAI MANFAAT LENGKUAS MERAH UNTUK KESEHATAN

Manfaat lengkuas untuk tubuh itu sendiri misalkan penggunaan lengkuas sebagai obat reematik, dimana lengkuas merah ini diparut kemudian diperas untuk diambil sari dari air perasan lengkuas yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung, resep obat rematik lengkuas merah ini cukup diminum satu kali setiap hari.

manfaat-lengkuas-merah

Sementara manfaat lengkuas untuk kulit, baik untuk perawatan kulit maupun untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, gatel, kurap atau bahkan exim, lengkuas merah bisa dicampurkan dengan kapur sirih secukupnya. Lengkuas merah diparut kemudian dicampurkan dengan kapur sirih, racikan herbal ini bisa digunakan dibagian kulit yang bermasalah, cukup gunakan obat herbal ini diwaktu pagi, siang dan sore hari setiap hari secara rutin.

Efek samping lain dari mengkonsumsi lengkuas merah sebagai obat kulit  adalah reaksi alergi yang terlihat dari timbulnya rasa gatal pada kulit, sesak nafas, dan ruam, oleh karena sangat dianjurkan jika akan menggunakan lengkuas merah sebagai obat tradisional untuk kesehatan kulit ada baiknya kita menguji terlebih dahulu kulit tubuh kita, apakah kulit tubuh kita ini alergi atau tidak terhadap lengkuas merah, jangan sampai ketika kita menggunakan lengkuas merah sebagai obat kulit yang ada kulit kita bukannya sembuh malahan semakin parah. Maka efek samping yang timbul dari penggunaan manfaat lengkuas sebagai obat kulit ini harus kita perhatikan apa-apa saja yang bisa bermanfaat dan apa-apa saja yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat rempah lengkuas merah yang lainnya adalah pembangkit dan peningkatkan vitalitas pria, untuk para lelaki mungkin point ini yang akan sangat diperhatikan benar-benar, bukan apa-apa, mungkin ada banyak laki-laki yang mengalami ejakulasi dini sehingga keharmonisan rumah tangganya menjadi terganggu. Tetapi tenang saja, ternyata salah satu dari sekian banyaknya manfaat lengkuas merah itu sendiri salah satunya ya untuk mengobati ejakulasi dini pada pria. Pemanfaatan lengkuas merah untuk bisa meningkatkan vitalitas pria ini, diolah dan diracik dengan menggunakan beberapa bahan-bahan pendukung lainnya, seperti penambahan bahan jeruk nipis, parutan halia, ragi tempe, merica.

manfaat-lengkuas-merah-untuk-kesehatan

Cara mengolahnya pun cukup simple kok, peras 2 rimpang lengkuas merah, 3 rimpang halia yang sudah diparut untuk diambil sari airnya, 2 buah jeruk nipis ambil air perasannya juga, 1 ragi tempe yang sudah dihaluskan, campurkan semua bahan tadi kedalam segelas air kemudian aduk sampai merata, jangan lupa campurkan 1 sendok garam kedalam campuran tadi. Rebus cukup 10 sampai 15 menit saja. Cukup mudah bukan....? selain mudah meracik obat herbal ini, mendapatkan bahan-bahan pendukung racikan obat pembangkit vitalitas pria tradisional ini pun cukup mudah juga. Simple dan praktis tentunya.

PENGGUNAAN LENGKUAS MERAH UNTUK KECANTIKAN

Selain lengkuas yang bisa digunakan sebagai berbagai obat penyembuh penyakit kulit, lengkuas merah pun banyak dimanfaatkan untuk digunakan sebagai penghilang jerawat dan flek secara alami. Komponen kimiawi yang ada pada lengkuas merah seperti antiseptik ini ternyata dapat melawan jerawat secara alami. Maka lengkuas merah bisa dijadikan komponen pembersih wajah yang sangat kuat, ini sama halnya dengan jeruk nipis yang bisa sama-sama berfungsi sebagai pembersih, penghilang dan obat jerawat pada wajah alami.

Lengkuas merah untuk bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat dan flek hitam pada wajah ini, biasa menggunakan ekstrak minyak lengkuas merah, pun jika kita tidak mempunyai ekstrak minyak lengkuas merah kita bisa menggiling atau memarut lengkuas merah untuk diambil sari pati air dari perasan parutan lengkuas merah tadi, kemudian oleskan air perasan lengkuas merah tadi kejerawat yang ada dikulit wajah anda, cukup gunakan 2 kali sehari atau 3 kali sehari secara rutin setiap hari.

Nah, itulah berbagai macam manfaat lengkuas merah yang mungkin baru kita ketahui. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh kita, lengkuas merah pun bisa digunakan untuk kecantikan. Menggunakan rempah-rempah herbal sebagai obat-obatan dan ramuan alami untuk perawatan tubuh tentu tidak mempunyai efek samping jiga digunakan sesuai dengan aturan. 

Tidak ada komentar