INI DIA MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN DAN NUTRISI PERAWATAN WAJAH

RACIKANALAMI30 - Mendengar kata 'teh hijau' maka sudah barang tentu pikiran kita akan selalu mengaitkannya dengan beberapa istilah yang berhubungan dengan kata seperti, aroma terapi, perawatan wajah, kesehatan serta olahan minuman yang sudah tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ya "teh hijau" adalah salah satu jenis sub dari tanaman yang memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah artikel kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat teh hijau untuk kesehatan dan nutrisi perawatan wajah, sehingga kita bisa mengetaui sedikit banyaknya manfaat dari teh hijau itu sendiri untuk kebaikan kebaikan kita yang ingin menggunakan 'teh hijau'sebagai suplemen nutrisi alami agar tubuh kita selalu fit tidak mudah sakit dan sebagai nutrisi alami untuk perawatan wajah.

manfaat-minum-teh-hijau-bagi-kesehatan

Teh hijau adalah salah satu jenis olahan yang dihasilkan dari daun tanaman teh. Asal tanaman teh itu sendiri berasal dari negeri Tiongkok, tepatnya di Provinsi Yunanan. Tanaman teh sangat cocok ditanam didaerah-daerah yang beriklim tropis maupun subtropis.

Sejak awal ditemukannya tanaman teh ini pada abad ke-8 SM, teh sudah dikenal sebagai bahan obat-obatan, sejak itulah teh kemudian diteliti untuk dilihat kandungan dari manfaat dan khasiat daun teh itu sendiri. Jenis-jenis teh yang dihasilkan adalah tergantung dari bagaimana kita mengolah teh itu sendiri sehingga menghasilkan berbagai varian teh seperti teh putih, teh hijau, teh hitam, teh Oolong.

Seiring degan perkembangan teknologi pengolahan dan pengemasan makanan dan minuman, teh pun mengalami perkembangan dalam segi pengolahan dan pengemasannya. Teh kemudian diolah menjadi teh celup, teh saring, teh seduh, teh pres serta teh instant. Dan tentu saja teh yang yang diolah lebih modern inin tidak mengalami perubahan manfaatnya.

manfaat-teh-hijau-alami

Sebagai contoh dari salah satu manfaat teh misalkan kita bisa melihat manfaat teh hijau. Teh hijau selain sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga sangat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Ya, dalam bidang perawatan wajah dan kecantikan teh hijau bisa diolah untuk berbagai macam varian produk kecantikan yang berbahan dasar teh hijau. 

MELIHAT MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN

Kandungan yang terdapat dalam teh ternyata sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit yang dialami tubuh. Misalkan meningkatkan anti oksidan didalam tubuh, melindungi arteri, mencegah kanker, menyembuhkan tekanan darah tinggi, mencegah melawan penuaan. Khasiat yang terdapat dalam teh hijau ini dikarenakan begitu banyaknya senyawa zat kimia yang berfungsi sebagai obat dan pelawan berbagai penyakit seperti adanya kandungan:

- Adanya Kandungan Polifenol Dan Katekin
Kandungan polifenol inilah yang mampu meningkatkan antioksidan didalam tubuh kita. Katekin pun mempunyai fungsi yang sama sebagai salah satu peningkay zat antioksidan dalam tubuh, zat katekin lebih kuat 100 kali lipat dari vitamin C dan lebih kuat dari vitamin E oleh karenanya teh hijau juga sangat bermanfaat untuk menunda proses penuaan dini.

manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan

- Kandungan Flouride
Dalam teh hijau ternyata juga terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan Flouride. Flouride yang terdapat dalam teh hijau pun mempunyai manfaat yang sama dengan kandungan flouride yang ada didalam pasta gigi. Manfaat flouride dalam teh hijau itu sendiri adalah mencegah berbagai macam keluhan pada gigi, seperti karies pada gigi, mencegah gigi berlubang dan mencegah lubang pada gigi.

- Adanya Kandungan Zat Mangan 
Mangan yang terdalam teh hijau mempunyai fungsi untuk membantu penguraian zat gula menjadi energi didalam tubuh kita. Nah, ketika mengkonsumsi teh hijau dengan baik tentu saja sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula didalam darah kita.

- Adanya Kandungan Vitamin C Dan E
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa vitamin C sangat membantu kita untuk mencegah dan menjaga kita agar tubuh kita tidak mudah terserang sakit. Sakit yang dialami oleh kita dikarenakan kekebalan tubuh kita yang melemah, nah kekebalan tubuh bisa kita jaga dengan baik salah satunya dengan mengkonsumsi teh hijau daun, selain menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai zat penangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh kita. Sementara fungsi vitamin E yang terdapat didalam teh hijau yaitu sebagai pencegah penuan dini pada kulit kita.

MENGENAL MANFAAT TEH HIJAU BAGI WAJAH

Manfaat teh hijau bagi wajah tentu tidak akan pernah lepas dari bagaimana melakukan perawatan kecantikan wajah dengan menggunakan bahan alami seperti teh hijau. Memulai dan merawat kecantikan untuk para perempuan, maka kita tidak akan jauh-jauh untuk mencari tahu manfaat teh hijau untuk menghilangkan jerawat. Ya, merawat wajah tidak akan disebut berhasil jika kita tidak berhasil menangani permasalahan jerawat yang dialami wajah kita.

teh-hijau-setiap-hari

Wajah bersih, bisa dilihat dari tidak adanya minyak wajah yang berlebihan, munculnya komedo dan munculnya jerawat dikulit wajah kita. Jerawat bisa timbul karna adanya minyak wajah yang berlebihan. Minyak wajah yang berlebihan akan lebih cepat memunculkan jerawat dikarenakan minyak wajah mempunyai potensi untuk menyimpan berbagai macam-macam tumbuhnya bakteri penumbuh jerawat.

Zat yang terkandung didalam teh hijau yang berfungsi sebagai pencegah jerawat itu adalah zat etanolik. Ekstrak etanolik inilah yang menghambat aktivitas bakteri staphylococcus aureus bakteri penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah kita. Selain berfungsi sebagai pencegah bakteri penyebab jerawat, teh hijau pun bisa difungsikan sebagai toner untuk melembabkan kulit wajah dan meminimalisir minyak berlebih pada wajah kita. Membuat teh hijau untuk masker wajah caranya sangat mudah sekali kok, kita bisa menyeduh teh hijau dengan menggunakan air panas, kemudian ambil kapas wajah, masukan kapas kedalam teh hijau yang sudah diseduh dengan air panas, peras dan kapas bisa diusapkan kepermukaan wajah kita.

Nah, sudah tahu bukan sedikit banyaknya mengenai teh hijau. Teh hijau selain bisa dijadikan sebagai bahan-bahan olahan makanan dan minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, juga bisa digunakan sebagai bahan olahan berbagai macam produk kecantikan alami, manfaat teh hijau untuk masker wajah misalkan. Untuk bisa mendapatkan manfaat dan khasiat teh hijau setiap hari pun kita wajib mencari tahu terlebih dahulu apa fungsi teh hijau itu sendiri, serta adakah efek sampingnya jika kita mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan, maka kita akan lebih mengetahui lebih detil teh hijau dan manfaatnya jika mengkonsumsi teh hijau setiap harinya dengan bijak dan tidak berlebihan. So, nanti kita akan bahas lebih lanjut diartikel-artikel lainnya mengenai seputar teh hijau itu secara khusus ya. Salam Racikan Herbal Asli Indonesia. 

Tidak ada komentar